Pages

Proses Pembuatan Trophy MotoGP

Trhopy juara dunia MotoGP seperti yang masbro semua kenal dibuat oleh Marc Garcia dari GARCIAROJALS Studio, di Barcelona Spanyol. Mengapa studio Garciarojals yang terpilih? Ini diawali pada tahun 2007 ketika Dorna mengundang studio-studio desain dalam kompetisi tertutup untuk mendesain thropy baru. Desain baru thropy juara dunia tersebut bersamaan dengan diperkenalkannya kapasitas mesin 800cc di tahun itu. Saat itu, Dorna menginginkan sebuah thropy yang bukan berbentuk cangkir/ cup, desain yang dapat menggambarkan sejarah dari kejuaraan dunia motorsport yang tertua di dunia, serta desain yang klasik tetapi juga menunjukkan ciri yang kontemporer dan hi tech. Weewww….permintaan klien tuh emang sering bikin pusing. Campur aduk! Mau klasik tapi mau kontemporer n hi tech juga….

Untung aja Marc Garcia merupakan seniman yang sangat berbakat. Dia bisa menerjemahkan keinginan Dorna tersebut menjadi ‘Champions Tower’. Pembuatan satu plakat bertuliskan juara dunia menghabiskan sekitar lima hari kerja. Plakat itu sendiri berdimensi panjang 14cm, lebar 8.5cm dan tebal 8mm. Plakat tersebut terdiri dari dua bagian, frame dan lembaran utama bertuliskan nama rider, nomor start, pabrikan rider dan tahun juara dunia. Marc Garcia mendesain sendiri plakat dan champions tower itu, sedangkan pengerjaan metal nya dikerjakan oleh seniman metal terbaik di Barcelona. 
1. Frame di sekeliling plakat




2. Nama pembalap, tahun kemenangan, no start dan nama pabrikan diukir di lembaran metal



3. Lembaran metal dilengkungkan dengan kayu



4.Pemanasan Metal



5. Lembaran metal utama disatukan dengan frame



6. Bagian pinggir dirapikan sampai mulus sempurna



7. Proses finishing: Bagian dalam plakat finishing doff, bagian samping glossy dan bagian muka tergantung pada tahun juara dunia (tahun genap finishing doff, tahun ganjil finishing glossy)



8. Taraaaaa... Sudah jadi gan.. Hasil akhir plakat yang diserahkan pada Dorna, ditempatkan dalam box kombinasi kayu dan serat karbon. Sangat eksklusif



9. The Champion



https://ngobrolmotor.wordpress.com/2012/02/09/proses-pembuatan-trophy-motogp/        

0 komentar:

Posting Komentar